13 FAKTA MENARIK TENTANG LIONEL MESSI

Tidak perlu diragukan lagi, Lionel Messi adalah salah satu dari dua pesepakbola terbaik di dunia. Messi yang saat ini genap berusia 28 tahun telah memenangkan semua gelar di tingkat klub. Sampai saat ini dirinya masih menghuni klub Barcelona dan menjadi mesin gol produktif sehingga Barca menjelma menjadi salah satu tim sepakbola terbaik sepanjang masa. Messi sudah mempersembahkan beberapa gelar bagi raksasa Catalans diantaranya adalah 6 gelar La Liga, 2 gelar Copa del Rey, 3 gelar Liga Champions ditambah beberapa piala lainnya. Ia adalah pesepakbola Argentina pertama yang berhasil memenangkan 4 penghargaan Ballon d’Or.

Ia mungkin tidak memiliki tubuh atletis seperti Cristiano Ronaldo namun di balik kekurangan fisiknya, ia dapat mengolah bola dengan akurat serta bermain kreatif. Messi mempunyai kemampuan fantastis untuk membaca permainan yang memungkinkan dirinya untuk melewati barisan pertahanan lawan dengan mudah.

Di luar lapangan, Messi terus mengembangkan popularitasnya sendiri seperti dengan menjadi contoh peran yang positif. Namun beberapa orang tidak terlalu banyak mengetahui tentang sosok ‘Messiah’ yang luar biasa ini. Berikut ini adalah 13 fakta menarik tentang Lionel Messi, diantaranya adalah:

  1. Saat usianya baru menginjak 24 tahun, Messi sudah menjadi top-score terbanyak di Barcelona

Di tahun 2012, Messi genap berusia 24 tahun yang menjadikannya top-score terbanyak bagi Barca di semua kompetisi klub. Dia mencapai prestasi yang mengagumkan ini dalam gaya yang mengesankan setelah dirinya mencetak hatrick dalam kemenangan 5-3 atas Granada. Ketika anda membayangkan sejarah dan keberhasilan Barcelona, itu tidak terlepas dari jasa dan bakat Messi. Ia berhasil melewati rekor Cesar Rodriguez yang mencetak 232 gol selama 8 musim, Messi mengalahkan rekor tersebut dibawah 8 musim.

  1. Messi dipatok harga senilai € 250 juta

Messi sangat berbakat dalam mengolah si kulit bundar, hal inilah yang membuat sejumlah klub besar dunia menginginkan jasanya. Untuk membawanya keluar dari Camp Nou, tim tersebut harus datang ke markas dan memberikan cek senilai € 250 juta jika menginginkan Messi. Harga ini merupakan pernyataan jelas dari Barca yang tidak ingin klub-klub seperti Manchester City dan Real Madrid datang mengetuk pintu Camp Nou dan mengambil Messi keluar.

  1. Messi selalu mencetak gol saat melawan tim lain di La Liga secara berturut-turut

Di musim 2012-13, Messi berhasil mencetal gol pada 21 laga secara berturut-turut. Itu berarti ia menjadi pemain pertama dalam sejarah sepakbola Spanyol yang berhasil mencetak gol setiap melawan tim manapun di La Liga secara berturut-turut. Faktanya tidak banyak pesepakbola di dunia ini yang dapat bermain seperti Messi.

  1. Messi memiliki koleksi ‘cetakan’ dari emas berbentuk kaki kirinya senilao US$ 5.250.000

Messi telah memenangkan banyak penghargaan sepatu emas dalam karirnya dan ia juga telah memiliki satu koleksi ‘cetakan’ dari emas berbentuk kaki kirinya. ‘Cetakan’ kaki kiri Messi ini memiliki berat 25 kg dan tinggi 10 inch yang menunjukkan bahwa kaki kiri Messi begitu berharga. ‘Cetakan’ emas ini dibuat oleh toko perhiasan di Tokyo, Ginza Tanaka sebagai ucapan selamat kepada Messi atas meraih Ballon d’Or keempat. ‘Cetakan’ kaki kiri Messi ini akhirnya dilelang dan uangnya dikumpulkan sebagai dana untuk korban gempa dan tsunami Tohoku, Jepang pada tahun 2011.

  1. Messi adalah pemain pertama yang memenangkan 3 penghargaan European Golden Boot

Messi adalah satu-satunya pemain yang memenangkan 4 penghargaan Ballon d’Or, ia juga menjadi pesepakbola pertama yang memenangkan 3 penghargaan European Golden Boot. Messi secara mengesankan telah membukukan 46 gol di La Liga pada musim 2012-13, 50 gol musim 2011/12 dan 34 gol pada 2009/10. Musim lalu, CR7 mengikuti jejaknya dengan menjadi pemain kedua yang berhasil memenangkan 3 penghargaan European Golden Boot.

  1. Messi berhasil mencetak gol terbanyak dalam 1 tahun (86 gol tahun 2012)

Tahun 2012 adalah tahun yang luar biasa bagi Lionel Messi, ia membukukan 86 gol dalam satu tahun. Ini berarti Messi sudah memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Gerd Muller dengan 85 gol pada tahun 1972. Messi yang saat itu berumur 25 tahun telah mencetak 56 gol di La Liga, 3 gol di Copa del Rey, 13 gol di Liga Champions dan 2 gol di Piala Super Spanyol. Untuk di timnas Argentina, ia mencetak 9 gol sehingga genap tercipta 86 gol selama 66 pertandingan secara keseluruhan.

  1. Anak Messi, Thiago masuk kedalam klub sepakbola pertamanya, Newell Old Boys saat berumur 3 hari

Sebelum Thiago bisa merangkak, ia sudah resmi masuk ke dalam klub sepakbola pertama Messi, Newell Old Boys. Ini merupakan sebuah kesepakatan yang dicapai antara ayah Messi, Jorge dan pihak klub setelah Thiago lahir ke dunia. Para pejabat klub sepakat jikalau Thiago dewasa nanti akan diberikan nomor punggung yang sama dengan ayahnya yaitu 10. Saat berumur 20 bulan, Thiago sudah menunjukkan tanda-tanda ketertarikannya kepada sepakbola. Ia bahkan sering memaikan dan menendang bola sesekali saat liburan di pantai Italia.

  1. Saat Messi berumur 11 tahun, ia didiagnosa mengalami kekurangan hormone pertumbuhan

Ketika Messi berusia 11 tahun, ia didiagnosa mengalami penyakit langka yaitu kekurangan hormone pertumbuhan yang membuat tubuhnya tidak bisa mencapai tinggi orang normal pada umumnya. Orang tuanya berjuang keras untuk membayar perawatan Messi, namun berkat bakat ciamik Messi, Barcelona meminangnya dan menawarkan bantuan akan menanggung pengobatan Messi di Spanyol sepenuhnya. Messi dan ayahnya akhirnya pindah ke Spanyol untuk bergabung dengan akademi La Masia. Pengobatan Messi pun memakan waktu 3 tahum dan terbukti berhasil.

    1. Messi dikartu merah saat melakukan debut pertamanya

red card

Debut internasional pertama Lionel Messi merupakan debut terburuknya sepanjang masa. Pada tahun 2005, Messi yang saat itu masih remaja datang ke lapangan sebagai pemain cadangan saat melawan Hungaria. Ia pun masuk kedalam lapangan, namun baru berdiri selama 47 detik ia akhirnya dikeluarkan dari lapangan. Messi terkena kartu merah karena tidak sengaja menyikut Vilmos Vanczak, Messi pun menangis di ruang ganti.

  1. Kontrak pertama Messi tertulis diatas secarik kertas

Pelatih Barcelona B saat itu, Carles Rexach sangat kagum akan kemampuan Messi dan langsung memboyongnya untuk masuk ke dalam skuat Barcelona B. Namun saat itu Rexach tidak menemukan formulir kontrak resmi dan hanya menemukan secarik kertas diatas meja, Messi pun menandatangi kontrak pertamanya diatas secarik kertas. Secarik kertas ini merupakan dokumen penting yang pernah ada dan menjadi bukti kontrak yang berhasil mengubah dunia sepakbola modern.

  1. Messi memiliki tato nama beserta cetakan tangan Thiago pada betisnya

Messi bukanlah pesepakbola yang menyukai seni tato, namun bermaksud ia ingin merayakan kelahiran anaknya, Thiago dengan membuat tato nama dan cetakan tangan di betis kirinya. Di depan publik, Messi mengatakan jika kelahiran Thiago membuatnya menjadi ‘orang yang paling bahagia di dunia’.

  1. Messi pernah diminta untuk membela timnas Spanyol

Messi sebelumnya mempunyai 2 paspor yaitu Spanyol dan Argentina, ia pernah diberikan kesempatan untuk membela timnas Spanyol namun ia menolaknya dengan alasan Messi adalah orang Argentina asli meskipun lebih menghabiskan banyak waktunya di Spanyol. Messi belum bisa memberikan kontribusi yang besar bagi timnas Argentina, makanya fans Messi yang berada di Spanyol, memintanya untuk pindah kewarganegaraan. Namun saat ajang Piala Dunia 2014, ia berhasil membawa negaranya menjadi runner-up dan membawa pulang penghargaan Golden Ball.

  1. Messi adalah pesepakbola yang dermawan

Setelah berhasil mencapai popularitas yang besar, Messi menggunakan kekayaannya untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung. Pada tahun 2007, ia mendirikan Leo Messi Foundation yaitu sebuah organisasi yang memberikan para anak-anak di dunia kesempatan untuk meraih pendidikan yang lebih baik serta mendapatkan perawatan medis yang layak. Messi juga merupakan Goodwill Ambassador untuk UNICEF.

Comments are closed.